Creators! Apply to StyleDoubler network

Gampang dan Anti Ribet, Inilah Persiapan Jadi Influencer

persiapan jadi influencer
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Daftar Isi

Persiapan jadi influencer tidak serumit yang Kamu pikirkan. Tak dapat dipungkiri memang keberadaan media sosial kian hari semakin marak melingkupi dunia para anak muda sehingga banyak kemudian yang terobsesi untuk menjadi influencer.

Profesi sebagai influencer memungkinkan setiap orang untuk memiliki popularitas di tengah-tengah masyarakat sehingga kebanyakan memang merasakan kebahagiaan saat menggeluti aktivitas ini. Bahkan pundi-pundi uang juga bisa mengalir deras memasuki dompet Kamu.

Dengan iming-iming penghasilan menggiurkan inilah, kebanyakan impian anak muda telah bergeser, dari yang awalnya dokter kini beralih menjadi influencer. Namun fenomena ini memang sangat wajar terjadi karena semua aspek kehidupan telah dipengaruhi oleh internet.

Tips Wajib Persiapan Jadi Influencer Sukses

Perlu diketahui bahwa karir sebagai influencer sudah banyak diincar oleh orang-orang sehingga tidak heran apabila persaingannya juga cukup ketat. Untuk itu Kamu perlu mempersiapkan diri agar bisa benar-benar menjadi influencer yang sukses. Langsung saja simak tips berikut ini.

1. Ketahui Apa Hal yang Kamu Minati

Persiapan jadi influencer harus diawali dengan hal-hal yang Kamu minati. Tujuannya agar konten yang muncul benar-benar berasal dari hati Kamu sehingga dapat pula menyentuh hati orang-orang yang melihatnya.

Misalnya ketika Kamu minat dalam dunia musik, maka buat saja konten-konten yang berkaitan dengan musik seperti bernyanyi, cover lagu, bermain lirik, dan sebagainya. Kamu juga bisa mencari konten-konten musik dari kreator lainnya sebagai inspirasi.

Jangan lupa juga untuk terus mengasah dan mengembangkan bakat yang Kamu miliki tersebut karena persaingan para influencer di luar sana begitu ketat. Pastikan juga bahwa minat yang Kamu bagikan memang benar-benar menarik.

2. Kolaborasikan dengan Tren

Kamu tentunya tidak akan mampu bertahan dalam dunia influencer apabila tidak mengikuti tren yang sedang berjalan. Up to date terhadap berita-berita yang viral sangat penting apabila Kamu ingin menguasai pasar.

Tips untuk menemukan tren yang menarik bisa Kamu mulai dengan memperluas pencarian hingga luar negeri, seperti Amerika atau Korea misalnya. Sebab biasanya tren yang ada di Indonesia berasal dari hal-hal yang viral di luar negeri.

Persiapan jadi influencer memang tidak akan pernah bisa mengabaikan keberadaan tren. Kamu bisa dibilang ketinggalan zaman apabila tidak mengikuti tren di saat tersebut. Bisa juga dengan meriset media sosial para influencer lainnya.

3. Bagikan Konten Bermanfaat

Perlu diketahui bahwa menjadi seorang influencer artinya menjadi sosok yang diperhatikan banyak orang. Untuk itu, seorang influencer harus membagikan konten-konten yang bermanfaat. Influencer mendapatkan pemasukan dari waktu yang diberikan oleh para penonton. Artinya imbal balik yang diberikan haruslah memiliki manfaat karena yang diambil dari penonton adalah waktu.

Jika Kamu membuat konten penuh settingan atau justru manipulatif, maka pemasukan yang diperoleh juga tidak berkah. Untuk itu, pastikan menjadi seorang influencer bermanfaat bagi banyak orang.

4. Miliki Skill yang Bisa Dijual

Persiapan jadi influencer tidak akan bisa apabila hanya diraih dengan wajah cantik ataupun tampan. Perlu adanya skill yang mendukung dan tentunya bisa “dijual” kepada orang-orang yang melihatnya.

Skill inilah yang nantinya menjadi nilai tambah bagi Kamu, terlebih apabila skill tersebut tidak dimiliki oleh para influencer lainnya. Tentunya skill yang dikembangkan bisa dikorelasikan dengan hobi Kamu sehingga lebih powerful.

5. Memahami Aturan Main Media Sosial

Sebelum terjun menjadi influencer, bekal utama yang harus dimiliki adalah akun media sosial. Sudah banyak sekali portal media sosial yang bisa dimiliki seperti Instagram, Twitter, dan TikTok. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri.

Misalnya saja anak-anak Twitter yang lebih dikenal santai dan anti baperan sehingga penggunanya cenderung tidak banyak membuat masalah. Atau mungkin TikTok yang memiliki keunikan tak terbatas sehingga penggunanya harus benar-benar kreatif.

Begitu pula dengan Instagram. Apalagi media sosial satu ini adalah yang paling banyak dipakai oleh para influencer. Dengan memahami aturan main tiap media sosial, Kamu akan mudah mendapatkan followers.

6. Memperindah dan Merapikan Feed Instagram

Tak dapat dipungkiri apabila instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh para influencer. Selain itu, Kamu juga bisa menjadi influencer sukses apabila fokus pada satu portal yang paling berpengaruh, termasuk instagram.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan merapikan feed. Persiapan jadi influencer ini bisa dilakukan dengan cara membuang postingan yang dirasa kurang bagus atau tidak mendukung branding Kamu.

Ciptakan juga minimal satu ciri khas agar orang-orang yang melihat feed Kamu di Instagram dapat merasakannya. Setelah feed telah rapi, Kamu bisa memperindahnya dengan postingan-postingan bermanfaat.

7. Memperluas Jaringan

Kita semua pasti sepakat bahwa network atau jaringan sangat penting dalam dunia digital. Memperluas jaringan akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap branding yang Kamu lakukan.

Caranya bisa dengan sering-sering melakukan interaksi atau bahkan kolaborasi dengan para influencer lainnya. Istilah bahasa kekiniannya adalah melakukan pansos. Bisa dengan membuat sensasi tertentu atau gebrakan baru yang kreatif.

Kamu bisa mencari topik-topik atau bahkan membuat topik menarik yang kemudian diviralkan di kalangan para influencer. Mungkin bisa dengan membuat challenge bersama atau saling meninggalkan komentar positif di akun masing-masing.

8. Memperkuat Interaksi

Menyambung poin sebelumnya yakni memperluas jaringan, persiapan jadi infuencer juga bisa dilakukan dengan banyak-banyak berinteraksi. Baik dengan sesama influencer ataupun para followers. Jika Kamu membranding diri sebagai influencer sombong yang tidak pernah menanggapi komentar orang lain terhadap konten Kamu, maka lama-lama eksistensi Kamu juga pasti terabaikan.

Apalagi ketika Kamu telah menjadi influencer sukses maka harus tetap rendah hati dan sering-sering membalas komentar dari orang lain. Bisa jadi para followers yang menyukai Kamu akan sedikit mendapat motivasi saat komentarnya Kamu balas.

9. Fokus dan Konsisten

Satu hal yang membuat karir sebagai influencer tetap meroket adalah fokus dan konsisten. Fokus berarti memikirkan secara maksimal progres Kamu di dalam dunia influencer, seperti terus mengembangkan skill, menambah pengetahuan, dan sebagainya.

Sementara konsisten artinya secara serius dan terus menerus menjalankan kegiatan sebagai influencer. Jika di awal Kamu menentukan jadwal upload konten adalah setiap hari, maka selanjutnya juga harus dilakukan setiap hari.

Antara fokus dan konsisten harus berjalan beriringan sebab keduanya merupakan rumus sukses dalam melakukan pekerjaan. Jika Kamu hanya fokus tanpa konsisten, karir sebagai influencer tidak akan cepat naik.

FAQ

  1. Gimana caranya jadi influencer?
    Kamu hanya perlu fokus dan konsisten dalam membuat konten-konten menarik atau cukup simak saja artikel di atas.
  2. Siapa saja yang bisa menjadi influencer?
    Tidak ada batasan, semua orang bisa menjadi influencer asalkan benar-benar mau mempersiapkan diri.
  3. Mengapa menjadi influencer?
    Influencer adalah profesi kekinian yang memberikan banyak pemasukan kepada pelakunya.

Nah itulah beberapa persiapan jadi influencer yang perlu diperhatikan. Kesembilan poin di atas apabila Kamu praktikkan, tentu akan membawa karir Kamu semakin melejit dan sukses, selamat mencoba.

×