Creators! Apply to StyleDoubler network

8 Alasan Penting Mengapa Menjadi Influencer?

mengapa menjadi influencer
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Daftar Isi

Kini di dalam dunia industri sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, influencer menjadi peluang kerja yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar. Mengapa menjadi influencer semakin banyak diminati?

Perlu kamu tahu kini bahwa influencer sudah menjadi alat pemasaran terdepan dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar untuk memasarkan produk mereka. Melalui media sosial biasanya seorang influencer akan mempromosikan produk atau layanan perusahaan.

Siapa sih yang tidak ingin punya penghasilan lebih? Terlebih jika penghasilan tersebut bisa menjadi passive income untuk menghidupi diri sendiri maupun keluarga. Tentu hal itu menjadi impian banyak orang.

Mengapa Menjadi Influencer Punya Banyak Keuntungan

Selain mendapat penghasilan, menjadi seorang influencer juga bisa mendapat banyak keuntungan loh. Itulah mengapa pekerjaan ini banyak diminati sebagian besar orang. Apa saja sih keuntungan yang bisa di dapat? Yuk simak!

1. Menikmati Produk Gratis

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapat adalah kamu dapat menikmati produk secara percuma dari brand yang sedang mengadakan campaign. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menjadi orang pertama yang mendapat dan mencoba produk tersebut ketika campaign launching loh.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapat barang yang sedang kamu promosikan di media sosial, sistem ini biasa dikenal dengan istilah endorsement. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang memberikan produknya secara gratis kepada para influencer. Sangat menggiurkan bukan? Itulah mengapa menjadi influencer kini ramai di media sosial apapun.

Hanya dengan bermodal kreativitas dalam membuat konten, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah produk dengan gratis. Tak hanya produk, kamu juga tetap mendapat fee atas endorsement yang sudah kamu lakukan loh!

2. Belajar Menjadi Content Creator

Sebagai seorang influencer tentu kamu akan dituntut untuk selalu kreatif dalam membuat konten. Tak jarang juga biasanya banyak campaign yang diadakan offline seperti grand launching atau hanya gathering saja. Di acara seperti itulah biasanya akan banyak pembicara profesional, dimana kamu juga bisa belajar lebih banyak mengenai perkontenan di situ.

3. Mendapat Penghasilan Lebih

Alasan mengapa menjadi influencer kini ramai diminati banyak orang salah satunya adalah karena penghasilannya yang cukup menjanjikan. Bagi kamu yang belum tahu, seorang influencer bisa mendapat banyak penghasilan dari nilai kontrak yang ditawarkan oleh pemilik brand loh.

Saat masih tahap awal masuk dunia influencer tentu penghasilanmu tidak akan sebesar para influencer yang sudah ternama, namun kamu tidak perlu khawatir karena semua pencapaian tentu membutuhkan sebuah proses. Teruslah berusaha dan tetap konsisten, ingat proses tidak akan menghianati hasil.

Sebagai contoh misalnya kamu menjadi influencer yang begelut di Youtube, maka kamu bisa mendapat penghasilan dari banyaknya jumlah viewer dan subscriber yang ada di channelmu. Penghasilan seorang influencer pun berbeda-beda, mulai dari ratusan ribu sampai ratusan juta setiap bulannya loh. Sangat menarik bukan?

4. Jam Kerja Bebas

Besarnya pendapatan seorang influencer membuat pekerjaan ini layak disejajarkan dengan jabatan tinggi di sebuah perusahaan meski memiliki job desc yang berbeda. Perbedaannya bisa dilihat dari jam kerja. Dimana seorang influencer tidak terikat oleh jam kerja dan tidak perlu bekerja di kantor.

Meski begitu, bukan berarti pekerjaan ini bisa dipandang lebih ringan loh. Sebaliknya, pekerjaan ini justru mengharuskan seseorang untuk terus online setiap waktu guna tetap update pergerakan trend di media sosial dan tetap berinteraksi dengan para pengikutnya.

Ditambah lagi dengan konsep foto, video editing, caption, syuting vlog, pemotretan, dan lain sebagainya. Sama-sama melelahkan sebenarnya. Meski begitu, semua hal yang melelahkan itu tidak menjadi alasan mengapa menjadi influencer menjadi pekerjaan yang disukai sebagian besar orang. Hal ini karena lebih banyak keuntungan yang bisa didapatkan daripada kekurangannya.

Seorang influencer harus tetap memikirkan semuanya secara detail untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena banyak yang tertarik dengan pekerjaan ini, tentu semakin banyak juga persaingan. Oleh karena itu, kamu harus kreatif untuk membuat kreasi baru dan membangun brand image sendiri untuk membedakanmu dengan para influencer lainnya.

5. Menjadi Terkenal dan Memiliki Banyak Networking

Dengan memiliki banyak pengikut tentu akan semakin banyak brand yang tertarik dan akhirnya memakai jasamu untuk endorsement produk mereka. Semakin banyak brand yang menggunakan jasamu, semakin banyak pula orang yang mengenalmu.

Semakin luas networking yang kamu dapat, tentu akan semakin luas juga kesempatanmu untuk meningkatkan karir dan kesempatan mendapat banyak job juga akan semakin besar. Meski banyak keuntungan yang bisa kamu dapat, itu semua tidak bisa kamu dapat secara instan ya! Tentu membutuhkan ketekunan dan sikap konsisten untuk mendapatkannya.

6. Endorsement dan Privilege

Sudah bukan hal yang asing lagi jika seorang influencer identik dengan produk-produk endorse dan privilege. Namun jangan pernah menjadikan itu sebagai motivasi untuk menjadi influencer. Karena sebagian besar brand sangat mengenal bagaimana karakter influencer yang hanya mengincar produk gratis.

Jika sudah begitu jangan harap kamu akan di hire atau dipakai untuk mengendors produk mereka jika kamu sudah dikenal sebagai freebie hunter atau pengincar barang gratis yang tidak berkualitas. Yang terpenting adalah memiliki kreatifitas untuk mengkomunikasikan pesan atau produk yang diinginkan oleh suatu brand.

Kreatifitas tersebut bisa berupa kreasi foto atau video yang memiliki kualitas yang baik dan high quality. Jika kamu bisa membuat konten yang berkualitas tentu akan banyak brand yang melirik dan menggunakan jasamu untuk mengendorse produk mereka.

7. Bisa Mengubah Passion Menjadi Profesi

Jika kamu adalah orang yang ekstrovert dimana kamu sangat suka bergerak dan tampil di depan umum atau kamera, menjadi seorang influencer sangat cocok untukmu. Dengan kepribadian seperti itu kamu bisa mendatangkan banyak penghasilan loh. Jangan pernah ragu untuk menjadikan passion sebagai pekerjaan utama karena saat ini tidak ada sesuatu yang mustahil.

8. Dapat Menjadi Pendorong Perubahan

Alasan lain mengapa menjadi influencer menjadi pilihan banyak orang adalah untuk mendorong perubahan untuk masyarakat. Dengan banyaknya followers yang dimiliki seorang influencer memiliki kekuatan untuk membahas berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Sudah banyak hashtag yang dibuat oleh influencer hingga akhirnya viral. Perlu kamu ketahui juga bahwa tugas seorang influencer memiliki fungsi sosial yang sangat positif. Jika menjadi influencer hanya karena ingin viral, maka sebaiknya pikirkan lagi niatmu.

Mengapa banyak orang yang ingin menjadi influencer? Dengan banyaknya keuntungan di atas yang bisa di dapat tentu membuat banyak orang ingin menjadi seorang influencer. Terlebih karena penghasilan yang menggiurkan tanpa harus terikat oleh jam kerja atau harus bekerja di kantor.

Itulah beberapa alasan mengapa menjadi influencer kini banyak diminati banyak orang. Jika kamu salah satunya, jadilah seorang influencer yang baik dan tetap amanah. Karena apapun pekerjaannya jika dilakukan dengan baik tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

×