Creators! Apply to StyleDoubler network

Cara Memilih Influencer yg Lebih Tepat Untuk Promo Bisnis

memilih influencer
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Daftar Isi

Bagaimana sih cara memilih influencer yg lebih tepat dan berpengaruh besar pada sales? Mungkin inilah pertanyaan pertama yang akan terlontar ketika Anda akan memilih Influencer. Hakikatnya, hire Influencer bertujuan untuk meningkatkan sales bisnis Anda. Namun masalahnya adalah, memilih Influencer itu bukan perkara yang mudah ada banyak aspek yang mesti menjadi pertimbangan.

Bukan hanya jumlah followers saja, engagement juga penting diperhatikan. Karena ini merupakan salah satu bagian penting dari Influencer yang akan kita gunakan. Implikasinya akan sangat signifikan jika kita bisa memperhatikan hal ini dengan baik.

Selain itu, masih ada banyak hal lain yang harus diperhatikan ketika akan memilih Influencer untuk kebutuhan branding ataupun scale up bisnis. Nah, untuk Anda yang saat ini sedang mencari Influencer untuk mengembangkan brand dan bisnis, artikel ini adalah yang terbaik untuk jadi bahan referensi.

Mengenal Apa Itu Influencer?

Sederhananya, Influencer itu merupakan orang yang memiliki pengaruh besar di lingkungan masyarakat. Semua sikapnya benar-benar bisa mempengaruhi masyarakat sekitarnya. Apa pun yang ia lakukan selalu diikuti dan dilakukan oleh banyak orang. Pengaruhnya sangat besar dilingkungan masyarakat.

Influencer juga merupakan orang yang selalu show off di berbagai kanal media. Mereka ini bisa berasal dari kalangan artis, publik figur, Blogger, YouTuber ataupun sejenisnya.

Biasanya mereka ini memiliki followers yang selalu setia mengikutinya di media sosial atau bahkan di kehidupan aslinya yang bisa mereka pengaruhi. Walau tidak selamanya demikian, karena ada banyak yang punya Followers banyak tapi engagementnya buruk.

Semakin banyak followers yang mereka miliki, artinya semakin banyak pula orang yang dipengaruhi oleh seorang Influencer. Tidak heran jika ada banyak pebisnis yang mengincar dan melakukan kerja sama dengan berbagai Influencer.

Tips Memilih Influencer yang Lebih Tepat

Dalam memilih Influencer, tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan asal-asalan. Kendati mereka memiliki banyak followers sekalipun. Ada beberapa bagian yang sangat krusial dan jadi hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih Influencer untuk melakukan promo bisnis. Implikasinya akan sangat terasa pada penjualan ataupun branding produk yang kita punya.

Lantas bagaimana cara memilih Influencer yang lebih tepat untuk bisnis? Nah berikut ini saya coba tuliskan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan Influencer terbaik.

1. Perhatikan Jumlah Followers

Jumlah followers adalah salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Kenapa dikatakan demikian? Karena jumlah followers ini akan menentukan tingkatan market yang akan kita bidik.

Semakin banyak followersnya tentu akan semakin luas pula jangkauan marketnya, begitu juga sebaliknya. Semakin banyak followers yang dimiliki Influencer, harga endorse yang mereka patok pasti akan lebih tinggi.

Untuk mendapatkan konversi yang tinggi, yang Anda butuhkan adalah budget yang tinggi pula. Karena Influencer yang bagus sudah pasti mahal harganya. Sebelum mulai hire Influencer, siapkan dulu budgetnya agar ketika mencari Influencer bisa disesuaikan dengan budget.

2. Perhatikan Engagement Media Sosialnya

Engagement adalah interaksi dua arah antara Influencer dan juga para pengikutnya. Semakin tinggi engagement akun mereka, maka akan semakin bagus kualitas akun Influencer tersebut.

Menilai engagement ini sangat sederhana, Anda bisa melihatnya dari jumlah komen dan like yang mereka dapatkan. Biasanya jika Influencer yang bagus tidak hanya memiliki followers banyak tapi engagementnya juga tinggi.

Engagement yang tinggi menunjukkan bahwa followers yang dimiliki oleh Influencer tersebut sangat real dan benar-benar manusia bukan bot. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali jasa menaikkan followers akun berupa bot.

3. Relevansi Produk

Hal lain yang harus diperhatikan adalah relevansi produk yang akan kita branding. Relevansi antara Influencer yang kita endorse dengan jenis produk yang kita miliki ini sangat penting.

Karena setiap Influencer itu akan memilih niche tertentu. Seperti Influencer review makanan, tentu bagusnya endorse produk sejenis makan jangan alat kecantikan. Hal ini akan berpengaruh pada produk yang mereka tawarkan.

4. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Bagian penting ketika Anda akan endorse Influencer adalah memperhatikan budget yang Anda miliki. Karena semakin bagus Influencer yang akan Anda pilih maka akan semakin tinggi harga yang mereka tawarkan.

Wajar, karena dampaknya juga akan semakin bagus bagi brand yang di promosikan oleh Influencer tersebut.

4. Memiliki Market yang Relevan

Market yang dimiliki oleh Influencer ini harus relevan dengan produk yang kita miliki. Tujuannya agar bisa meningkatkan sales produk nantinya.

Market Influencer yang sesuai dengan produk dapat meningkatkan sales lebih tinggi ketimbang Influencer dengan market yang berbeda dengan produk yang kita punya.

5. Perhatikan Intensitas Update Kontennya

Update konten yang dilakukan Influencer juga akan berpengaruh pada engegement akun mereka. Intensitas update konten di akun mereka akan dapat menentukan tingkat konversi ke produk yang kita pasang di akunnya.

Semakin tinggi intensitasnya, bisa tinggi pula pengaruhnya kepada produk yang kita tawarkan.

6. Buat Perjanjian Kontrak yang Jelas

Agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda mempersiapkan kontrak kerja yang jelas. Ini akan jadi pertimbangan pihak Influencer.

Mereka akan memilah dan memilih produk mana yang akan mereka terima dan kontrak kerja yang sesuai dengan kriterianya.

7. Liat Pengalaman Orang Lain

Hal paling penting dalam memilih Influencer adalah dengan melihat pada pengalaman orang lain yang menggunakan jasa endorse Influencer yang mereka gunakan.

Di berbagai platform biasanya akan ada review setiap Influencer. Nah, Anda bisa melihat bagaimana pengalaman orang lain yang sudah endorse Influencer tersebut. Jika hasilnya bagus, kenapa tidak Anda gunakan Influencer yang sama.

8. Tanyakan Layanan dan Benefit yang Diberikan

Sebelum menjalin kerja sama, sebaiknya tanyakan apa saja yang bisa mereka berikan ketika Anda endorse. Ini agar Anda bisa tahu sejauh mana dan apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan Influencer tersebut.

Manfaat Memilih Influencer Bagi Pemilik Bisnis

Memilih Influencer dengan tepat akan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan bisnis Anda nantinya. Kesalahan memilih Influencer bisa berdampak pada pemborosan keuangan yang tidak akan menghasilkan apa-apa. Maka dari itu, perhatikan hal-hal di atas ketika Anda memilih dan menggunakan jasa Influencer.

Jika Anda memilih Influencer yang tepat, Anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaatnya. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memilih Influencer dengan tepat, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Branding Produk dengan Tepat

Jika Influencer yang kita gunakan sudah tepat, mereka bisa memberikan implikasi yang tinggi bagi perkembangan brand bisnis Anda. Influencer yang memiliki pengaruh besar akan menjadikan produk tersebut dikenal banyak orang. Mungkin Anda tahu J&T, mereka hire Deddy Corbuzier sebagai brand ambasadornya.

Alhasil, banyak orang yang mengira bahwa J&T adalah milik Deddy Corbuzier. Di mana mereka melihat J&T di sanalah ada foto Deddy Corbuzier terpampang. Hal ini meningkatkan trust produk dan layanan mereka bahkan sukses membuat brand J&T sukses dikenal masyarakat luas.

2. Jadikan Bisnis Sebagai Pusat Perhatian

Dengan Influencer yang tepat, produk yang kita miliki akan lebih mudah dikenal banyak orang. Seperti namanya “Influencer” adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain untuk gunakan kita layanan, produk atau jasa yang kita punya. Orang akan terpengaruh oleh si Influencer yang kita hire ini untuk promote produk yang kita punya.

Hal ini bisa memberikan implikasi yang besar untuk kesuksesan produk bisnis kita. Influencer yang tepat akan bantu woro woro bisnis kita, banyak orang yang akan mengenal produk dan bisnis kita nantinya.

3. Meningkatkan Trust Produk

Seperti kasusnya J&T, siapa sih yang tidak kenal dengan produk yang satu ini. Jutaan orang menggunakan layanannya ketika J&T memilih Deddy Corbuzier sebagai brand ambasadornya. Nah, ini merupakan salah satu pengaruh dari Influencer. Influencer bisa meningkatkan trust produk yang ditawarkannya.

Apalagi jika Influencer yang kita pilih ini memiliki jumlah followers yang banyak, maka akan banyak juga orang yang mereka pengaruhi. Semakin banyak orang terpengaruh, maka akan semakin banyak orang yang percaya dengan produk kita.

4. Mendatangkan Calon Pembeli

Selain meningkatkan kepercayaan orang terhadap produk, juga bisa mendatangkan calon pembeli yang potensial lho. Ingat bahwa Influencer memiliki fllowers. Followers ini biasanya suka ikut-ikutan dengan “sang” Influencer yang mereka ikuti. Nah, jika Influencer sudah menggunakan jasa atau produk bisnis kita, maka mereka juga akan ikut.

Ini tentu akan menjadi konversi penjualan bagi produk kita nantinya. Inilah alasannya kenapa kita harus endorse Influencer yang memiliki banyak followers. Semakin banyak followernya, akan semakin tinggi konversi penjualan.

5. Menjangkau Market yang Lebih Luas

Influencer akan bantu pasarkan produk kita untuk menjangkau market yang jauh lebih luas. Kita bisa punya market baru sesuai dengan yang dimiliki oleh Influencer yang kita pilih. Kita bisa pasarkan produk yang kita miliki ke followers Influencer yang kerja sama dengan kita. Hasilnya adalah konversi penjualan yang lebih tinggi.

Kita bisa dapatkan calon pembeli baru ke produk bisnis yang kita miliki. Influencer akan bantu tawarkan produk kita kepada followers mereka. Cara ini juga sudah digunakan oleh banyak pebisnis besar bahkan brand yang sudah dikenal banyak orang.

6. Membangun Kedekatan dengan Pembeli

Engagement Influencer yang tinggi juga mampu membangun relation dengan pemilik bisnis atau produk. Followers Influencer biasanya juga akan ikut follow ke akun media sosial kita bahkan menjadi pelanggan kita nantinya. Ini tentu sangat bagus sekali pengaruhnya bagi perkembangan bisnis kita di masa depan.

Semakin banyak Influencer yang diajak kerja sama, maka akan semakin banyak pula followers yang akan kita dapatkan. Hal ini juga akan membangun kedekatan antara kita sebagai pemilik brand atau bisnis dengan pelanggan.

Jenis-Jenis Influencer

Harga setiap Influencer itu beda-beda, hal tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Setiap jenis Influencer ini memiliki tarif yang berbeda-beda. Walaupun sama-sama orang dan punya followers, tapi Influencer itu ada klasifikasinya lho.

Sebagai orang yang akan gunakan jasa Influencer, Anda harus tahu dulu klasifikasi atau jenis-jenis Influencer ini. Adapun jenis-jenis Influencer itu, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Influencer Mikro

Ini adalah salah satu Influencer yang masih kecil bahkan boleh dibilang pemula. Banyak sekali pebisnis yang anggap remeh Influencer ini. Influencer ini memiliki jumlah followers kurang dari 10.000 followers. Jadi wajar banget jika banyak orang yang anggap sebelah mata mereka.

Padahal biasanya engagement Influencer makro ini sangat tinggi. Walaupun dampaknya tidak begitu besar tapi ke pendekatan terhadap produk bisnis kita akan lebih bagus. Terlebih, jika mereka tertarik dengan produk kita maka akan terjadi penjualan.

2. Influencer Makro

Nah kalo Influencer makro ini merupakan Influencer yang sudah cukup ternama di media sosial yang dipakainya. Tapi bisanya, mereka ini masih belum masuk ke media besar. Influencer makro terkenal di media-media lokal dan cetak saja serta media sosial. Sedangkan rentan followers yang mereka miliki lebih dari 100.000 Followers.

Influencer ini bisa menjadi salah satu Influencer yang cukup rekomended untuk di hire promosi produk atau woro woro produk agar bisa meningkatkan trust dan sales. Influencer ini akan lebih mudah mengangkat citra brand kita ke khalayak umum. Cocok banget untuk naikin terust produk atau bisnis.

3. Influencer Premium

Ini adalah jenis Influencer yang paling tinggi di antara jenis Influencer lainnya. Mereka ini adalah orang-orang yang memiliki jumlah followers 1.000.000 followers lebih bahkan jutaan. Influencer ini benar-benar punya market yang sangat bagus. Bahkan engagement mereka juga sangat bagus dan memiliki pengaruh yang sangat tinggi.

Walau demikian harga yang mereka tawarkan untuk kerja sama juga tidaklah murah. Wajar, karena impact yang bisa mereka juga akan sangat tinggi. Jika produk bisnis Anda memang bagus, sangat disarankan menggunakan Influencer seperti ini. Dampaknya akan sangat tinggi, produk Anda bisa meningkat jauh lebih tinggi bahkan trust juga demikian.

4. Selebgram

Kalo selebgram ini tingkatannya lebih tinggi dari pada Influencer Premium. Mereka ini bukan hanya punya followers jutaan saja, melainkan juga punya pengaruh yang sangat besar. Selebgram itu merupakan artis yang menggunakan media sosial dengan jumlah followers jutaan. Tentu pengaruh yang mereka miliki sangat besar. Karena mereka sudah terbiasa setiap hari diliput oleh media televisi.

Bahkan semua kegiatannya akan selalu jadi sorotan publik, bukan hanya followersnya saja, tapi juga orang yang bukan menjadi followersnya. Influencer ini sangat bagus dijadikan sebagai brand ambasador ataupun kita hire untuk promosi produk atau bisnis kita. Kendati harganya mahal, tapi impact yang mereka berikan sangat tinggi.

5. YouTuber

Youtuber adalah konten kreator yang berkarya di Youtube. Mereka ini dikatakan sebagai Influencer karena memiliki followers yang selalu setiap mengikuti setiap kegiatannya. Mereka ini tentu juga punya market sendiri untuk kita jadikan sebagai target jualan kita.

Youtuber termasuk Influencer paling bagus untuk promosi bisnis. Karena kita bisa hire mereka sekali untuk selamanya. Mereka bisa promosikan bisnis kita melalui ikan di videonya. Selama video tersebut tidak mereka hapus, maka bisnis kita akan ada di sana dan di promosikan di situsnya.

6. Blogger

Blogger adalah seorang penulis yang mempublikasikan tulisannya melalui situs blog di internet. Mereka juga merupakan seorang Influencer. Mereka memiliki jangkauan dan market yang sangat luas. Mereka bisa bantu promosikan bisnis Anda ke intenet melalui kanal situs blog yang merkea miliki.

Tapi, Blogger yang bagus diajak kerja sama adalah mereka yang memiliki Blog dengan engamenet dan trafik yang tinggi. Ini adalah nilai jual mereka untuk kita. Kita akan dapatkan konversi yang bagus jika seorang Blogger tersebut memiliki trafik yang tinggi ke blognya serta memiliki followers yang banyak.

Nah itulah beberapa cara memilih Influencer yg lebih tepat untuk promo bisnis dan membuat bisnis Anda terkenal. Lakukan cara di atas untuk dapatkan impact yang luar biasa bagi pertumbuhan produk Anda.

×