Creators! Apply to StyleDoubler network

Segudang Keuntungan Menjadi Influencer yang Harus Kamu Tahu!

keuntungan menjadi influencer
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Daftar Isi

Jika dulu pekerjaan hanya berupa kerja di kantoran, maka sekarang saatnya kamu mengubah persepsi itu. Ada banyak macam jenis pekerjaan yang bisa dilakukan kaum millenial, salah satunya menjadi influencer. Banyak sekali keuntungan menjadi influencer lho!

Hal yang perlu kamu ketahui terlebih dulu yaitu meski sama-sama eksis di Instagram, influencer dan selebgram berbeda. Selebgram biasanya punya followers banyak dan terkenal di kalangan pengguna instagram, sedang Influencer yaitu mereka yang bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu.

Keuntungan Menjadi Influencer

Meski di luarnya terlihat hanya foto-foto produk, menjadi Influencer bukan berarti boleh santai-santai di rumah. Nah, penasaran apa saja keuntungan jika kamu seorang Influencer? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Penghasilan yang Menggiurkan

Hal yang perlu diingat sebelum menjadi influencer, kesuksesan tak bisa diraih dalam waktu singkat. Sama halnya dengan menjadi Influencer yang tak bisa semalam langsung banyak brand bekerjasama.

Butuh kesabaran dan usaha keras selama berbulan-bulan bahkan satu hingga dua tahun untuk kamu akhirnya bisa dikenal banyak orang. Ketika pertama masuk di dunia per-influencer-an penghasilan yang didapat belum bisa banyak seperti para influencer yang sudah terkenal sebelumnya.

Nah, jika ini sudah berlangsung lama, tak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Perlu kamu ketahui bahwa penghasilan ini biasanya akan kamu dapat dari kerjasama brand, undangan event tertentu, dan brand–deal sebagai KOL atau brand ambassador.

2. Mendorong Perubahan

Dengan banyaknya followers artinya kamu akan memiliki kekuatan dalam mendorong perubahan. Misalnya saja saat ini banyak hashtag yang sengaja dibuat para influencer dan menjadi viral.

Nah, hal ini bisa dimanfaatkan untuk membahas permasalahan yang terjadi. Misalnya kamu bisa mendorong followers untuk cinta idol K-Pop, mengurangi penggunaan plastik, menjadi vegetarian, menjadi gila olahraga, menjadi benci akan suatu hal, dan sebagainya.

Cara seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk membangun perubahan ke arah lebih baik. Secara tak langsung kamu pun bisa menyebarkan kebaikan untuk banyak orang. Bagaimana, menarik bukan?

3. Menikmati Barang Gratis

Keuntungan menjadi influencer berikutnya kamu bisa dapat barang-barang gratis sesuai niche-mu. Misalnya Ayla Dimitri kerjasamanya dengan TRESemme Indonesia, penyanyi cantik Kallula yang menjadi ambassador Adidas Indonesia, dan masih banyak lagi.

Tentunya hal ini akan membuatmu makin semangat untuk sukses jadi influencer. Namun, sekali lagi perlu diingat, ini berlaku jika followers kamu sudah cukup banyak, ya! Jangan lupa untuk memberikan giveaway barang-barang yang telah kamu dapat untuk followers-mu.

4. Karier yang Menyenangkan

Menjadi influencer memang sangat menyenangkan. Kamu akan merasakan perbedaannya, jika sebelumnya kamu seorang pekerja kantoran dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Pekerjaan yang membosankan tersebut akan berubah ketika menjalani rutinitas influencer.

Ketika melakukan pekerjaan ini, kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru, kemudian melakukan review berbagai produk, mengunjungi peluncuran tempat/toko, hingga event-event lainnya. Jadi, kerja tak hanya di belakang meja dalam sehari penuh.

5. Belajar menjadi Content Creator yang Berkualitas

Keuntungan menjadi influencer berikutnya yaitu kamu bisa berkreasi sesuai hatimu. Kadang banyak campaign yang diadakan offline seperti gathering yang butuh konten menarik. Saat seperti ini juga akan menghadirkan banyak pembicara yang berkualitas.

Nah, secara tidak langsung kamu akan terus upgrade ilmu dan belajar pula dari para influencer lain maupun narasumber di event. Hal ini bisa untuk menambah level dirimu sebagai content creator yang berkualitas dan tak takut dalam bersaing.

6. Dapat Menambah Koneksi

Koneksi yang dimaksud tak hanya menambah jumlah pertemanan yang punya ketertarikan di bidang sama. Namun, kamu juga akan menambah koneksi dengan brand yang bisa membuat mereka tertarik dengan isi konten yang kamu buat.

Relasi akan terbentuk jika kamu semakin bisa berkomunikasi baik dengan banyak orang. Misalnya saja ketika sedang menghadiri event, kerjasama dengan satu pihak, maupun dengan followers. Kesempatan lain tak bisa ditebak akan datang darimana, kamu bisa selalu menjadi influencer yang ramah agar relasi tetap terjaga.

7. Bisa Jadi Karier yang Menjanjikan

Jika dulu seorang influencer dianggap sebagai pekerjaan sampingan, tapi sekarang banyak yang berani menjadi full time influencer. Sudah banyak influencer yang rela meninggalkan pekerjaan utamanya. Hal ini dikarenakan memang ada jenjang karier untuk influencer.

Kamu bisa naik dari mikro influencer menjadi makro influencer sampai kemudian menjadi influencer premium. Tentunya karier ini pun menjanjikan jika hanya untuk dan lifestyle sebagai anak muda yang mengikuti jaman.

Keuntungan menjadi influencer ini bisa diwujudkan dengan cara konsisten selama bertahun-tahun. Peluang yang ada tinggal mengikuti bagaimana caramu giat dalam membuat konten dan tidak mengecewakan setiap klien yang mengajak kerjasama.

Namun jika saat ini followersmu sudah ribuan dan sudah membuat konten menarik tapi kurang maksimal, kamu bisa mencantumkan data diri di bio Instagram. Hal ini akan memudahkan brand dan siapapun yang ingin mengajak kerjasama denganmu.

Tuliskan dengan jelas semua kontak yang bisa dihubungi beserta namanya. Ini akan memudahkan klien terhubung denganmu. Selain informasi kontak, kamu harus menulis lokasi atau kota tempat tinggal saat ini.

Jika tempat tinggalmu sering berganti, maka tulis semua kota yang paling banyak kamu tinggali. Pernahkah kamu lihat bio yang tulisannya JKT – YK? Orang akan langsung paham bahwa kamu akan mudah ditemui di kota Jakarta atau Yogyakarta.

Langkah Menjadi Influencer yang Sukses

Lantas, pasti timbul pertanyaan bagaimana bisa menikmati keuntungan menjadi influencer tersebut? Hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu tahu cara membranding diri sebagai influencer terlebih dulu. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menjadi influencer sukses.

  • Tentukan niche atau jenis konten yang akan sering kamu buat. Misalnya beauty, kuliner, travel, atau yang lainnya.
  • Kamu harus upgrade skill setiap saat, misalnya dengan cara meningkatkan kemampuan fotografi, editing foto dan video maupun public speaking. Sebagai awalan, kamu bisa memanfaatkan kamera smartphone dengan kamera yang mumpuni misalnya dengan membeli handphone yang pixel-nya besar.
  • Ubahlah akun instagram biasa menjadi instagram bisnis. Akun bisnis ini akan membuatmu semakin profesional dan bisa melihat insight jika diminta oleh klien. Kamu juga bisa melakukan analisis mandiri terhadap akun instagrammu sehingga mampu posting di jam yang ramai pengunjung.
  • Pilih tone warna feed Instagrammu dan konsisten terhadap pilihan tersebut agar feed terlihat lebih rapi.
  • Terakhir, konsistenlah dalam upload foto maupun video. Jangan lupa membuat stories instagram juga ya.

Nah, itulah keuntungan menjadi influencer yang bisa kamu dapatkan jika rajin dan punya tekad menjadi influencer yang komitmen. Apakah penghasilan influencer besar?

Tentunya penghasilanmu akan mengikuti usahamu dalam membangun branding personal dan melakukan pekerjaan sebagai influencer dengan baik dan benar sesuai brief klien.

×