Creators! Apply to StyleDoubler network

Inilah Karakteristik Influencer Dan Beberapa Jenis Influencer

karakteristik influencer
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Daftar Isi

Hampir di seluruh dunia tak lepas dari penggunaan media sosial. Terutama mereka yang menjadi seorang influencer. Salah satu karakteristik influencer yakni ikut mempromosikan produk produk komersial dari berbagai bisnis. Hal ini pun menjadi sumber penghasilan mereka.

Yang dilakukan para influencer bisa menggunakan media promosi berupa foto, video ataupun testimonial produk. Diupload melalui media sosial baik melalui instagram, youtube, blog, ataupun situs media sosial lainnya.

Mengapa harus influencer? Alasannya karena influencer memiliki banyak follower dan pastinya akan banyak orang yang melihat produk yang dipromosikannya. Selain itu, pemilik bisnis akan senang jika produk-produknya mengalami peningkatan penjualan dari hasil promosi tersebut.

Pengertian Influencer

Sebelum mengenal lebih jauh karakteristik yang dimiliki influencer, kamu perlu mengetahui apa itu influencer. Influencer merupakan seseorang yang mampu menarik minat masyarakat dari apa yang ia lakukan. Influencer sendiri banyak dilakukan oleh orang yang sudah terkenal.

Baik seorang artis, youtuber, selebgram, blogger atau profesi lainnya yang memiliki banyak pengikut. Cara yang dilakukan oleh influencer dalam mempromosikan produk bisa menjadi strategi jitu untuk meningkatkan penjualan oleh pemilik bisnis.

Berbagai Jenis Influencer

Mungkin yang kamu pikir ketika menemui influencer di laman sosial media adalah sama. Namun pada kenyataannya mereka memiliki jenis yang berbeda-beda dilihat dari kapasitas yang dimilikinya. Berikut ini beberapa jenis influencer yang wajib kamu ketahui.

  1. Influencer Mikro
    Influencer jenis mikro yakni influencer yang memiliki jangkauan pengikut setidaknya mencapai kurang lebih 10.000 orang di sosial medianya. Walaupun dipkamung masih sedikit, namun peluang untuk menarik minat pembelian produk pada pengikut sangat tinggi.
  2. Influencer Makro
    Influencer makro yakni jenis influencer yang jangkauan pengikutnya sudah mencapai 100.000 orang di akun sosial medianya. Influencer jenis ini mampu menarik lebih banyak pengikut untuk mencoba produk yang ia promosikan di postingannya.
  3. Influencer Premium
    Jenis influencer yang paling dilirik oleh pebisnis besar adalah influencer premium. Dimana pada status premium ini ia telah diikuti lebih dari 1.000.000 pengguna akun sosmed. Jangkauannya dipastikan lebih luas dan pemilik bisnis bisa meraih banyak konsumen baru.
  4. Influencer Selebgram
    Berbeda lagi dengan influencer jenis ini, seorang selebgram bukanlah dari lingkungan artis. Lebih tepatnya sebagai selebritis instagram yang telah populer hanya di sosmed instagram. Influencer jenis ini memiliki potensi yang besar untuk mempromosikan berbagai produk.
  5. Influencer Youtuber
    Selain itu, youtube bisa menjadi ladang untuk mempromosukan produk bisnis. Dimana influencer yang berperan disini adalah seorang youtuber. Ia akan memperkenalkan produk-produk dalam rekaman video yang di uploadnya di lama youtube.
  6. Influencer Blogger
    Salah satu jenis yang juga memiliki potensi untuk berpromosi adalah blog. Blogger bisa menghasilkan banyak uang tidak hanya dari adsense saja, tetapi dari kegiatannya sebagai influencer. Ia lebih banyak menggunakan kelihaian tangan untuk mengetik teks promosi.

Ketahui Karakteristik Influencer Paling Umum

Sudah banyak diketahui orang, bahwasanya penghasilan influencer dari sekali posting tidaklah sedikit. Fee yang diberikan pemilik bisnis kepada influencer bisa berkisar ratusan hingga jutaan rupiah. Hal tersebut menjadi salah satu karakteristik influencer yang paling digemari.

Untuk mengetahui apa saja karakteristik influencer, mari simak pembahasannya sebagai berikut ini:

Memberikan Testimoni Secara Asli

Karakteristik dari seorang influencer yang pertama yakni mampu memberikan testimoni penggunaan produk secara asli. Dimana influencer tersebut benar-benar menggunakan dan mengkonsumsinya.

Misalnya jika produk tersebut adalah makanan dan minuman, maka si influencer bisa menyampaikan apa yang menarik dari produk tersebut. mulai dari tekstur, rasa maupun sensasi yang ditimbulkan dari produk yang dipromosikannya.

Mampu Menarik Banyak Followers

Seorang influencer dipercaya oleh para pemilik bisnis dengan tujuan utama adalah menarik banyak followers untuk ikut mencoba produk yang dipromosikannya. Pada dasarnya pemilik bisnis menginginkan produk mereka bisa laku setelah diposting oleh influencer.

Hal ini tidak hanya menguntungkan bagi pemilik bisnis saja dalam meningkatkan konversi penjualannya, tetapi juga pada influencer. Karena dibalik itu, ia akan menerima fee sesuai dengan yang ia sepakati dengan pemilik bisnis.

Membangun Branding Bisnis

Membangun branding bisnis merupakan tugas yang tidak hanya dilakukan oleh seorang pebisnis saja, tetapi juga seorang influencer. Influencer dianggap sebagai pebisnis yang mengambil peran promotor brand sementara. Dimana tugas yang perlu dilakukan diantaranya mempromosikan, mengajak, memberikan review, ikut menjawab apa yang ditanyakan followernya dan masih banyak lagi.

Mengambil Alih Channel Bisnis

Salah satu karakteristik influencer yakni menjadi perantara pengambilalihan channel bisnis. Akun media sosialnya kini tidak hanya diisi oleh kegiatan kesehariannya sebagai public figure, tetapi menjadi seseorang yang mampu menghasilkan uang dari berbisnis.

Yang dimaksud adalah bisnis dalam mempromosikan suatu brand seseorang. Dan kebanyakan para influencer mempromosikan banyak bisnis. Dari yang satuan hingga ratusan bisnis penawaran produk yang bekerjasama dengannya.

Membuat Challenge Yang Kreatif

Inovasi yang bisa dicoba para influencer dalam mempromosikan produk-produk yakni dengan membuat challenge yang baru. Misalnya yang sedang viral saat ini adalah menggunakan aplikasi Tik Tok.

Banyak gaya yang bisa dilakukan ataupun efek editing video unik. Sebagai fans atau followers, apa saja yang dilakukan idolanya pasti ditiru. Hal ini jelas akan mengundang lebih banyak orang untuk mulai membeli dan menggunakan produk tersebut.

Pintar Membuat Storytelling Dari Produk

Seorang influencer dituntut untuk pintar mengatur kata-kata dalam promosi produknya. Terutama saat mempromosikan melalui video ataupun review yang diketik dalam laman postingannya. Hampir seluruh kalimat yang digunakannya bersifat persuasive atau ajakan.

Influencer memiliki misi untuk mengajak para followersnya untuk ikut membeli dan menggunakan produk yang telah ia promosikan. Walaupun tidak ada nominal targetnya, setidaknya influencer membantu pebisnis untuk memperkenalkan produk dagangannya.

Memberikan Tutorial Dan Review Terbaik

Promosi saja tidak lengkap tanpa adanya tutorial penggunaan produk. Baik itu produk makanan, minuman, kosmetik atau lainnya sangat diperlukan tutorial pemakaian. Sehingga disini bisa memperjelas dari deskripsi di kemasan produk.

Influencer bisa memberikan tutorial ataupun review pemakaian produk menggunakan video maupun teks di postingannya. Memberikan argument dan ulasan yang positif sangat disarankan untuk menarik perhatian yang menontonnya.

Menyelaraskan Warna Pakaian Dengan Warna Produk

Salah satu karakteristik influencer dalam memposting foto atau video promosi yakni menggunakan elemen warna yang senada dengan warna produk. Misalnya kemasan produk A berwarna merah, maka ia bisa menggunakan pakaian dengan detail warna merah.

Menyelaraskan warna dalam hal promosi menjadi salah satu teknik marketing. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan branding bisnis. Hal ini sudah banyak diterapkan banyak orang saat memasuki dunia bisnis.

Demikian beberapa karakteristik influencer yang dapat kamu ketahui. Promosi yang dilakukan influencer menjadi salah satu strategi pemasaran yang bisa dicoba bagi pebisnis. Akan tetapi, pemilik bisnis harus banyak pertimbangan, mengingat fee yang dikeluarkan cukup banyak.

×