Creators! Apply to StyleDoubler network

9 Cara Menjadi Influencer Berpenghasilan Tinggi Tanpa Ngantor

cara jadi influencer
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Daftar Isi

Sekarang ini banyak sekali orang yang mencari cara menjadi Influencer baik itu untuk media sosial ataupun kanal media tertentu. Era digital dan ekonomi 4.0 membuat cara dan gaya orang bekerja jauh lebih mudah.

Influencer sukses menjadi salah satu pekerjaan yang sekarang ini memang diminati banyak orang.

Bagaimana tidak, seorang Influencer bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja. Tidak hanya sampai di sana, pekerjaan pun akan datang menghampiri mereka bukan lagi mereka yang mencari kerja.

Hal ini dinilai sangat enak dan jadi banyak impian semua orang, tidak terkecuali mereka yang ada di pedesaan sekalipun.

Lantas bagaimana sih cara menjadi seorang Influencer dengan penghasilan yang tinggi dan terkenal di mana? Di artikel ini akan kita coba kupas tuntas, mulai dari bagian paling mendasar hingga bagaimana seorang Influencer menghasilkan uang.

Syarat Dan Cara Menjadi Influencer

Semua orang mungkin bisa menjadi Influencer, tapi ada syarat yang harus mereka penuhi. Kamu bisa daftar di banyak platform untuk menjadi seorang Influencer.

Tapi kamu harus tahu, setiap platform ini memiliki kebijakan tersendiri untuk Influencer yang daftar ke platform mereka.

Nah sebelum kamu daftar dan ikuti tips-tips menjadi Influencer, kamu harus tahu dulu ini apa saja syaratnya. Jadi kamu bisa punya goal yang lebih terperinci.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Syarat pertama, kamu wajib memiliki akun media sosial baik Instagram, Facebook Page, ataupun Twitter.

Sebagai Influencer, media sosial adalah bagian penting untuk bisa mempengaruhi orang lain ketika kamu bersosial dengan mereka. Kamu harus aktif di berbagai media sosial ini dan memberikan dampak positif bagi kehidupan media sosial.

2. Memiliki Followers Aktif 500-100

Selain memiliki akun media sosial, syarat utama lainnya adalah memiliki followers. Di semua platform pendaftaran Influencer, pasti mewajibkan calon Influencer mereka untuk memiliki followers.

Wajar, namanya juga Influencer wajib memiliki followers sebagai market mereka untuk pengaruhi dengan hal-hal positif. Minimal followers yang harus kamu miliki adalah 500-1000 followers. Setai platform memberikan syarat yang berbeda terkait jumlah followers.

3. Kreatif dan Inovatif

Sebagai seorang Influencer, kreativitas adalah hal utama yang harus kamu miliki. Hakikatnya, Influencer ini adalah orang kreatif yang memang rajin melakukan inovasi dalam berbagai hal yang ia sukai.

Bahkan tidak biasa orang lain lakukan, tapi dia bisa membuatnya dan disukai oleh banyak orang karya karyanya.

4. Konsisten

Kreativitas kamu itu harus diakukan secara konsisten. Influencer adalah orang yang aktif bermedia sosial.

Jika kamu ingin jadi Influencer, maka kamu harus konsisten dan selalu aktif menjaga ekosistem followers kamu di akun media sosial yang kamu miliki.

Tips Menjadi Influencer Sukses Berpenghasilan Jutaan

Menjadi Influencer itu ada polanya yang harus kamu jalankan.

Apalagi jika kamu ingin sukses menjadi seorang Influencer. Maka kamu haru menjalankan pola itu dengan sebaik mungkin. Walaupun semuanya kembali ke rezeki masing-masing orang, tapi untuk bisa sukses itu semua ada pola dan caranya.

Adapun tips tips sederhana untuk bisa menjadi seorang Influencer yang sukses, bisa dimulai dari hal-hal berikut ini:

1. Jadilah Unik dan Beda

Untuk menjadi seorang Influencer, tidak harus selalu tampil cantik ataupun ganteng lho. Banyak kok di luat sana, wanita cantik atau pria tampan tapi tidak jadi Influencer.

Menjadi beda dan unik adalah salah satu cara terbaik untuk bisa menjadi seseorang yang mudah dikenal orang. Influencer adalah sosok seperti itu, dikenal orang karena keunikan yang dimilikinya.

Seorang Influencer memiliki ciri dan gaya khasnya sendiri bukan ikut-ikutan trends yang justru malah menyisihkannya dan menjadikannya sebagai sosok yang biasa saja.

Tampil beda dan unik adalah cara terbaik untuk meningkatkan followers kamu di media sosial. Orang akan lebih mudah mengenal kamu karena keunikan kamu itu.

2. Perbaiki Citra Media Sosial

Media sosial seorang Influencer harus beda dengan akun orang lain yang biasa-biasa saja. Jika kamu ingin menjadi seorang Influencer, maka kamu harus perbaiki citra akun media sosial yang kamu miliki.

Rapikan Feed media sosial kamu, buat postingan yang dapat mempengaruhi orang lain atau yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan yang kamu sukai.

Ini merupakan salah satu bagian penting dari langkah utama kamu untuk menjadi Influencer. Seorang Influencer biasanya memang memiliki feed halaman medis sosial yang rapi dan enak sekali dipandang. Alhasil, followers akan lebih betah kepoin akun media sosial kita.

3. Bikin Konten Menarik di Medsos

Konten yang harus kamu upload ke akun media sosial kamu juga jangan asal-asalan ya. Hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah membuat beragam jenis konten yang keren dan menarik.

Jika konten kamu keren dan menarik serta unik dan tidak ada di tempat lain, orang akan lebih suka bukan tidak mungkin jika mereka share konten-konten yang kamu buat tersebut.

Buatlah konten yang bermanfaat untuk followers. Dengan konten semacam ini maka followers akan jauh lebih senang mengikuti semua kegiatan kamu. Bahkan konten-konten kamu cenderung akan ditunggu-tunggu oleh mereka.

4. Gunakan Akun Media Sosial Bisnis

Ketika kamu aktifkan akun media sosial, pastikan kamu gunakan akun media sosial bisnis baik itu Instagram, Twitter ataupun Facebook.

Tujuannya agar akun medsos kamu itu terlihat lebih profesional. Selain itu, akun media sosial bisnis ini sudah dilengkapi dengan beragam jenis fitur yang jauh lebih lengkap ketimbang akun personal yang standar.

Selain itu, kamu juga jangan pernah privat akun media sosial kamu. Agar orang lain bebas follow kamu kapan saja dan kepoin akun kamu tersebut kapan pun. Cara ini jauh lebih efektif untuk bisa mendapatkan followers. Alasan orang follow kamu adalah karena mereka suka dengan konten-konten yang kamu posting, maka pastikan akun kamu tidak di lock.

5. Posting Konten Berkala

Konsistensi upload konten adalah salah satu cara menjadi Influencer paling penting untuk diperhatikan. Dengan cara seperti ini maka secara tidak langsung kamu sedang menjaga ekosistem follower kamu untuk tetap setia.

Selain itu, konsistensi ini akan membantu kamu lebih mudah mendapatkan followers. Di Instagram contohnya, jika sebuah akun aktif dan konsisten posting konten, maka akan mendapatkan promosi gratis.

Dengan demikian, followers kamu akan terus bertambah dari hari ke hari. Keinginan kamu untuk menjadi Influencer akan lebih mudah.

6. Update dengan Trends

Seorang Influencer adalah orang yang selalu terikat dengan trends. Mereka selalu up date dengan trends yang sedang ramah di dunia nyata ataupun di dunia maya.

Tujuan utamanya ya untuk membuat si Influencer ini tetap eksis dan dikenal orang. Namun pastikan, kamu juga ikuti trends yang sedang positif dan bermanfaat bagi lingkungan dan followers kamu.

Semakin kamu update dengan trends, maka akan semakin bagus untuk perkembangan akun kamu di media sosial. Tujuan lain dengan lakukan ini adalah untuk mendapatkan followers sebanyak-banyaknya. Semakin banyak followers maka akan semakin banyak pula keuntungan yang bisa kmau dapatkan.

7. Komunikasi dengan Followers dan Influencer Lain

Komunikasi itu sangat penting, terutama dengan followers kamu. Mereka akan sangat senang jika mereka dianggap ada. Tapi jangan semuanya kamu tanggapin, karena sudah pasti tidak akan cukup banyak waktu. Cukup interaksi sesekali saja supaya mereka merasa dianggap Anda ketika follow akun kamu.

Selain itu, kamu juga penting untuk melakukan komunikasi dengan Influencer lainnya. Interaksi ini juga sangat penting. Komunikasinya bisa dilakukan dengan kolaborasi bikin konten ataupun hanya sekedar komen di postingan mereka.

Ini bisa memberikan impact positif bagi kelangsungan akun Anda nantinya. Biasanya folowers mereka akan ikut ke akun kamu juga jika akun kamu memang bagus.

8. Perbaiki Kualitas Foto di Medsos

Untuk bisa menjadi seorang Influencer yang bagus dan dikagumi banyak orang, kamu harus punya kualitas.

Salah satunya adalah dari foto yang kamu upload ke akun media sosial kamu. Ini sangat penting karena seorang Influencer akan dilihat oleh para followersnya. Kualitas foto akan menunjukkan kredibilitas kamu di mata followers.

Semakin bagus kualitas foto kamu di media sosial, maka akan semakin bagus pula citra kamu di mata followers. Lihat saja Influencer yang ada saat ini, mereka selalu memperhatikan kualitas gambar yang mereka upload ke akun media sosialnya. Bahkan tidak jarang mereka hire desain grafis hanya untuk bisa mendapatkan gambar yang berkualitas.

9. Daftar di Platform Influencer Terpercaya

Setelah 8 poin di atas kamu lakukan dengan baik, maka langkah terakhir cara menjadi Influencer yang sukses dan berpenghasilan tinggi adalah dengan mendaftarkan diri kamu di platform Influencer terbaik dan terpercaya.

Di internet ada banyak daftar situs yang bisa kamu gunakan untuk bisa menjadi Influencer ternama dan sukses. Kamu tinggal daftar dengan menggunakan data diri sesuai dengan syarat yang mereka berikan. Tapi jangan asal daftar, pilih platform yang memang benar-benar bagus dan bisa mendukung kamu ke arah yang jauh lebih baik.

Pilih platform yang terbaik dan terpercaya yang memang bisa menampung kreativitas kamu dan mengembangkannya dengan baik.

Sumber Penghasilan Influencer

Kamu yang baru pertama kali tahu bahwa Influencer itu bisa hasilkan uang, pasti kamu akan bertanya-tanya dari mana Influencer bisa dapatkan uang?

Bahkan dengan jumlah yang tinggi melebihi orang yang kerja sebagai PNS atau kantoran sekalipun. Wajar, ini adalah pertanyaan umum yang juga banyak ditanyakan oleh banyak Influencer sukses sebelum mereka seperti sekarang.

Kendari cara menjadi Influencer itu tidak mudah, tapi penghasilan yang bisa mereka dapatkan juga tidak main-main lho.

Ada banyak sekali peluang yang bisa kamu dapatkan dan jadikan ladang uang bahkan bisa dapat setiap hari. Adapun beberapa sumber penghasilan para Influencer yang paling banyak didapatkan, yaitu:

1. Endorsement

Sumber penghasilan pertama yang akan didapatkan oleh seorang Influencer adalh dari endorsement. Endorsement adalah kerja sama yang dilakukan oleh pemilik produk untuk kita tawarkan ke orang lain dalam bentuk paid post.

Hitungannya juga kadang Cuma 1×24 jam saja tapi dengan bayaran yang cukup tinggi dan bisa diperhitungkan bahkan lebih tinggi dari gaji seorang karyawan.

Setiap produk yang melakukan kerja sama, ini kontraknya hanya sekali post doang atau kalaupun panjang biasanya ada perjanjian khusus. Jika kita menjadi brand ambasadornya, maka kita sebagai Influencer brand tersebut harus melakukan promosi secara berkala.

Bahkan tidak jarang semua yang kita gunakan setiap harinya harus berasal dari brand tersebut. Tentu dengan bayaran yang tidak murah.

2. Paid Promote

Paid promote ini adalah salah satu jenis kerja sama promo produk melalui postingan di akun media sosial kita. Kita bisa tawarkan produk klien yang kerja sama dengan kita sesuai dengan nilai kontrak yang ditawarkan.

Postingan ini durasinya juga diatur sesuai dengan kerjasama. Ada yang minta paid promote ini sekali bayar untuk selamanya, ada yang juga cukup dengan menggunakan durasi beberapa waktu saja.

Tentu masing-masing harganya berbeda-beda. Karena tingkat konversi yang akan dihasilkan juga berbeda. Apalagi jika kamu merupakan Influencer yang memang sudah punya pamor tinggi.

Harga yang bisa ditawarkan akan jauh lebih tinggi. Tapi sebelum itu, kamu harus benar-benar atur akun kamu itu dengan baik agar punya banyak followers dan engagement yang bagus pula.

3. Iklan Sponsor

Sumber penghasilan lain yang bisa kamu dapatkan adalah dari iklan sponsor. Iklan sponsor ini memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan uang lebih banyak. Mereka biasanya minta dibuatnya sebuah video atau gambar tertentu untuk kita pasang di halaman media sosial kita baik di Youtube ataupun kanal lain yang kita gunakan.

Sponsor iklannya sendiri bisa dalam bentuk video opening ataupun video pendek pas di tengah-tengah tayangan videonya. Atau bahkan untuk Influencer yang menggunakan Instagram sering kali diminta untuk membuat video iklan pendek khusus untuk produk mereka.

Iklan sponsor ini hanya dibuat untuk bagian awal di slipkan saja di dalam konten yang kita buat. Seperti misalnya, produk aqua di pasang saat record membuat video ataupun produk lainnya.

4. Konten Sponsor

Konten sponsor adalah jenis konten yang dibuat khusus full untuk iklan yang harus kita buat untuk ikan produk klien.

Biasanya pihak klien akan menawarkan konsep atau bahkan kita yang berikan konsep iklannya sesuai dengan relevansi konten di akun media sosial kita.

Konten sponsor ini biasanya yang datang itu dari produk besar yang sudah punya trends atau bahkan mereka yang ingin boosting trafik ke produknya ataupun ningkatin penjualan produknya. Iklan seperti ini biasanya ditujukan untuk Influencer yang memang punya nilai tinggi.

5. Tawaran Kerja Sama

Tawaran kerja sama ini dari produk atau jenis bisnis lainnya juga sering kali datang dalam bentuk sponsor konten ataupun hal lainnya. Pemilik produk biasanya akan kontak bisnis kamu yang bisa dihubungi.

6. Konten Review

Konten review adalah salah satu jenis sumber pendapatan yang paling sering didapatkan oleh seorang Influencer. Ini adalah jenis konten yang dibuat untuk mereview produk yang dimiliki oleh pihak klien. Jadi konten yang dibuat memang sengaja dibuat khusus untuk produk yang kita dapatkan.

Namun dalam proses pembuatannya, video atau konten akan dibuat secara natural tidak seperti iklan sponsor. Melainkan seperti kita yang sudah menggunakan produk yang kita review tersebut.

Sehingga followers kita bisa menggunakan produknya. Ini adalah salah satu sumber pendapatan yang paling menggiurkan dan cukup sering didapatkan.

—-

Nah itulah beberapa syarat dan cara menjadi Influencer serta berbagai sumber penghasilan yang akan didapatkan. Kamu mau juga? Yuk daftar sekarang jadi Influencer.

×